Senin, 05 November 2012

Install MATE Desktop Di Ubuntu 12.10

Berawal dari permasalahan Punya Printer Baru Canon MP287 yang belum berhasil menjalankan Aplikasi Scaner di BlankOn 8 dan IGN8. Akhirnya coba-coba buat install Ubuntu 12.10. Kangen juga dengan Ubuntu terakhir ngoprek yang versi LTS 10.4 Ubuntu Lucid. erharap banyak untuk bisa menjalankan Printer dan scannya.

Ketika pertama memakai LiveUSB Ubuntu 12.10 masuk ke desktop unity kok hanya ada desktop kosong saja. Desktop unity sama sekali ga muncul. Berpikir wah komputerku dah mulai ga disuport  ni ama ubuntu terbaru. akhirnya berusaha lagi dengan menghidupkan ulang sistem ubuntu 12.10 dan mencoba langsung Install.

Permasalahan kedua terjadi lagi setelah selesai instalasi dan mulai masuk ke Ubuntu 12.10. Hasilnya masih sama tetep belum bisa masuk ke desktop Unity. wah masalah baru ini. Berusaha lagi dengan logout dan mencoba masuk ke user tamu yang sudah disediakan secara default oleh Ubuntu 12.10.

Dengan menggunakan user tamu Unity akhirnya bisa digunakan juga tapi kok berat banget ya. Makhlum punyanya komputer jadul. Biasanya pake komputer/Notebook terbaru yg sudah ada tulisan Cor I nya sewaktu masih di eks kantor. Yah mulai coba untuk bersabar.

Berpikir untuk bisa menggunakan desktop yg nyaman dan ringan dan pilihan ada di Desktop MATE. coba instal ternyata ga bisa. Ternyata permasalahannya pada user yang saya gunakan yaitu user tamu. Terpaksa logout dan login sebagai userku sebenarnya. dan Alhamdulillah Unity sudah mulai menampakkan Environmentnya. Tapi ya ampun lelet banget ni Desktop. Terpaksa lagi ni buat instal Desktop MATE.

he..he... teralalu panjang ya abstraknya. makhlum baru belajar nulis. lagi banyak banget waktu luang ni he...

Mate adalah sebuah fork/turunan dari Gnome 2 yang meggunakan GTK 2.x untuk aplikasi dan widgets. Pengguna yang kurang menyukai Gnome Shell atau Unity tetapi menginginkan Desktop menyerupai Gnome 2  dapat mencoba MATE.
Official PPA untuk Desktop MATE di Ubuntu Quantal Sudah tersedia.Users hanya perlu menjalankan perintah terminal untuk menginstal nya

1. Buka terminal
2. Masukkan alamat repo untuk Desktop MATE
sudo add-apt-repository "deb http://packages.mate-desktop.org/repo/ubuntu quantal main"
3. Update Repo
sudo apt-get update
4. Update keyring
sudo apt-get install mate-archive-keyring
5. Update repo lagi
sudo apt-get update
6. Install Mate Core
sudo apt-get install mate-core
7. Install Desktop MATE
sudo apt-get install mate-desktop-environment

Akhirnya dapat menikmati desktop MATE dan ternyata Scaner printer Canon MP287 juga bisa langsung dinikmati menggunakan Simple Scan meskipun untuk print nya harus di install manual.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More